Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu atau Gunung tangkuban perahu ini terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Tempat indah ini terletak di daerah Lembang, kurang lebih 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik di Jawa Barat. Lingkungan alamnya yang sejuk, dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik tersendiri.Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung berapi, dan sampai saat ini masih aktif. Dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik.
tangkuban-perahu
tangkub-perahu-
Perjalanan menuju lokasi khususnya bila sudah memasuki wilayah lereng gunung sungguh indah dan mengesankan. Selama perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan alam yang indah, lereng gunung serta gugusan kebun teh yang bisa menyegarkan mata kita.
Gunung Tangkuban Perahu ini begitu mengagumkan, bahkan pada cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas, sangat kontras hijaunya pepohonan di sekitar gunung tersebut
Ada 3 pemandangan pilihan disana, pertama kawah Upas, kemudian kawah Domas yang berada 3 km diatasnya, dan yang terakhir dipuncak gunung perahu yaitu kawah Ratu.
Kawah Ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam, merupakan kawah terbesar di gunung ini. Letaknya bersebalahan dengan kawah Upas. Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya. Sehingga banyak ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah itu. Sedangkan kawah Domas bentuknya berupa cekungn yang mengeluarkan sumber air panas. biasanya sumber air panas tersebut digunakan pengunjung untuk membasuh badan.
Di area Bibir kawah Ratu dan Upas banyak terdapat banyak kios makanan, minuman, serta masakan khas Lembang=ketan bakar.  Disana juga disediakan kuda untuk disewkan pada para pengunjung untuk mendaki Gunung.
Anda yang berniat untuk berwisata kesana jangan lupa mempersiapkan baju atau paralatan lainnya yang bisa menghangatkan anda. karna disana cukup dingin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar