Taman Nasional Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa adalah gugusan pulau yang sangat indah. Karimunjawa sendiri terdiri atas 27 pulau, lima pulau berpenduduk, sementara lainnya merupakan pulau-pulau perawan tak berpenduduk nan jelita. Kepulauan ini secara administratif merupakan kecamatan dari wilayah kabupaten Jepara, yang berlokasi sekitar 45 mil arah barat laut kota Jepara. Luas wilayah teritorial Karimunjawa adalah 107.225 ha, sebagian besar berupa lautan (100.105 ha), luas daratannya sendiri adalah 7.120 ha. Daerah ini beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin laut yang bertiup sepanjang hari dengan suhu rata-rata 26 s.d. 30 derajat Celcius, dengan suhu minimum 22 derajat Celcius dan suhu maksimum 34 derajat Celcius. Tahun 2001 sebagian luas kawasan TN Karimunjawa seluas 110.117,30 Ha ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001.

Daya Tarik Wisata Karimunjawa

Keindahan biota lautnya adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi Karimunjawa. Tak kurang dari 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya. Snorkeling menjadi kegiatan favorit. Menikmati warna-warni terumbu karang, atau menyaksikan tarian ikan-ikan badut yang lucu dan menggemaskan akan menjadi pengalaman tak terlupakan.
Dengan sinar matahari yang sempurna dan sepanjang garis pantai berpasir putih, tempat ini menjadi sangat  nyaman bagi orang-orang yang suka bermandikan sinar matahari. Maka tak heran para pelancong mancanegara menjadikan tempat wisata ini untuk bermandi matahari secara sempurna.
Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi para turis karena keindahan alamnya antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam yang berada di bagian barat pulau Karimunjawa, Pulau cilik, pulau tengah, pulau sintok, pulau seruni dan pulau sambangan yang berada di bagian sebelah timur Pulau Karimunjawa.

Pulau Menjangan Besar

Di Pulau Menjangan Besar terdapat penangkaran ikan hiu. Anda dapat menguji keberanian dengan masuk ke kolam dan berenang bersama ikan-ikan hiu ini. Tidak perlu takut, karena hiu di sini cukup jinak dan bersahabat dengan manusia.Di pulau Menjangan besar ini juga ada penangkaran penyu. Saat ada penyu yang menetas anda bisa ikut melepas anak penyu ke alam bebas, ini juga sebagai wisata lestari alam yang menanamkan kepada kita bahwa melestarikan alam itu penting artinya bagi kehidupan.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil pantas dikunjungi karena di perairan sekitar pulau ini terdapat banyak ikan kecil berwarna-warni yang cantik, sekaligus juga memiliki terumbu karang yang masih alami. Pulau ini memiliki pantai dan dasar laut yang indah dengan air yang jernih. Pulau ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba snorkeling, kami siapkan kamera bawah air untuk mengabadikan saat anda berenang dan memberi makan ikan langsung dari tangan anda.

Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar

Pada kedua pulau ini terdapat banyak pohon cemara yang mungkin menjadi dasar nama kedua pulau ini. Hal unik lainnya adalah adanya daratan pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke laut, sehingga memanjakan kita untuk bermain dan menikmati alamnya.

Tanjung Gelam

Tanjung Gelam merupakan Tanjung atau daratan menjorok ke laut, tanjung ini sebetulnya menjadi satu dg pulau karimunjawa tapi kelihatan seperti pulau tersendiri, Tanjung indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan, berpadu dg pohon kelapa yang melambai.
beberapa gambar tentang Karimunjawa:
keindahan-karimun-jawa
karimun-jawa1
kerimun2
keindahan-bawah-laut-karimun

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar